Iklan

Iklan

PEMKAB

SANTIAJI

Reskrim Menyapa : Transformasi Pelayanan Publik Lebih Humanis

Sabtu, 13 Desember 2025, Desember 13, 2025 WIB Last Updated 2025-12-12T16:44:46Z
DPRD





Soppeng-Analisa dan Evaluasi (Anev) kinerja bulanan periode November 2025 di aula lantai 2 Polres Soppeng pada Jum'at(12/12).

Kegiatan tersebut, dipimpin Kapolres Soppeng AKBP Aditya Pradana, ini menjadi momentum refleksi penting bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Reserse.

Kapolres Soppeng AKBP Aditya Pradana menekankan bahwa arah reformasi Polri menuntut setiap fungsi, termasuk reserse, untuk terus beradaptasi dengan standar pelayanan publik yang lebih cepat, transparan, dan humanis.

“Kepercayaan publik tidak hanya dibangun dari profesionalitas teknis, tetapi dari pengalaman masyarakat saat menerima pelayanan,” ujarnya

Menurut Aditya Pradana, ada beberapa capaian kinerja, termasuk 29 laporan polisi yang masuk pada November serta 38 perkara yang berhasil diselesaikan mencapai persentase penyelesaian 131%. Selain itu, seluruh penyidik pembantu tercatat aktif menginput data pada sistem E-MP.

"Sebagai bentuk apresiasi, beberapa personel menerima reward atas kinerja terbaik mereka.Penghargaan ini merupakan bagian dari budaya kerja objektif yang terus didorong untuk memperkuat integritas dan motivasi internal penyidik,"ungkapnya.

Momentum peringatan Hari Jadi Reserse ini juga dimanfaatkan untuk memperdalam pemahaman terkait pelayanan prima, melalui materi yang dibawakan oleh Supervisor Operasional BRI Cabang Soppeng, Andi Fajriani.

Pemaparan tersebut menekankan pentingnya membangun interaksi pelayanan yang memanusiakan, melalui penerapan konsep 3A (Attitude, Attention, Action) serta 3S + 1 (Senyum, Sapa, Salam, Sopan + Ingat).

Sementara Kasat Reskrim Polres Soppeng AKP Dodie Ramaputra menjelaskan bahwa pembekalan ini menjadi bagian dari upaya jangka panjang untuk menyelaraskan proses penyidikan dengan standar pelayanan publik modern.

“Pelayanan prima bukan sekadar keramahan, tetapi budaya kerja yang memastikan penyidikan berjalan efektif, transparan, dan berorientasi pada kepastian hukum,” terangnya.

Sambung, Dodie Ramaputra, Anev kali ini menjadi ruang evaluasi sekaligus penguatan komitmen bahwa fungsi Reserse bukan hanya penegak hukum, tetapi juga garda terdepan pelayanan publik dalam setiap proses penyidikan.

"Dengan dorongan reformasi serta peningkatan kualitas SDM, jajaran Reskrim Polres Soppeng diharapkan mampu menghadirkan pelayanan yang lebih adaptif, terbuka, dan berintegritas sesuai tuntutan masyarakat,"harapnya.(Rls)
Komentar

Tampilkan

  • Reskrim Menyapa : Transformasi Pelayanan Publik Lebih Humanis
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan